Rini Suparmiati

Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila dasar Pembentuk Karakter Bangsa

CONTOH RPP 10 Juni 2012

Filed under: Galery — rinisuparmiati @ 12:36 pm

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PKn Kelas X SMA

 

Nama Sekolah                         :  SMA NEGERI 5 CIREBON

Mata Pelajaran                        :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)

Kelas/Semester                       :  X/1

Program Studi                        :  ILMU PENGETAHUAN ALAM & ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Standar Kompetensi               :  Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan,      penghormatan, dan perlindungan hak asasi manusia (HAM)

Kompetensi Dasar                    :  Mendeskripsikan pengertian, sejarah serta macam-macam HAM.

Alokasi Waktu                         :  2×45’   

 

 

A. Tujuan Pembelajaran

Tujuan yang dicapai dalam materi ini yaitu siswa dapat mengerti serta memahami materi mengenai HAM

B. Nilai Karakter siswa yang diharapkan :

 

Siswa mampu menghargai orang lain

Siswa dapat bersikap toleransi dan tenggang rasa

 

B. Materi Ajar

Pengertian HAM, sejarah HAM,  Macam-macam HAM

 

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi

D. Langkah-langkah kegiatan
1. Pendahuluan 10’

a. Apersepsi :

 –  Guru menyiapkan dan mengkondisikan kelas (melakukan doa)

–   Memberikan salam siswa

–   Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa

 –  Memberikan gambaran kecil tentang materi yang akan disampaikan pada hari ini

b. Motivasi

     Guru menayangkan video untuk memeberi motivasi agar giat belajar

2. Inti 70’

– Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada kesempatan hari ini secara   menyeluruh memalui ceramah dan power point

  – Guru mengajak siswa untuk saling memberikan pendapat tentang materi yang disampaikan

3.  Penutup 10’

 – Guru mengajak siswa untuk melakukan kesimpulan bersama materi yang sudah disampaikan selama  proses pembelelajaran dikelas hari ini.

 – Guru memberi tugas kepada siswa mengerjakan soal essay di buku cetak

 – Do’a

 

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :

  1. Buku Pendidkan Kewaragnegaraan kelas X Penerbit Tiga Serangkai

 

Alat  :

  1. Papan tulis
  2. LCD, Laptop

 

 

 

 

 

 

 

F. Penilaian

 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     

1. Teknik/jenis : tes demonstrasi untuk pertemuan selanjutnya sebagai pengganti tes lisan

2. Bentuk : pertanyaan lisan dan tes tertulis (uraian)

3. Pedoman penskoraan:

masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. Perhitungan nilai

akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :

Nilai akhir =       Peroleh skor  x 100

        50

 

 

 

4. Soal/instrumen :

jawablah sesuai dengan kemampuan dan pemahaman kalian sendiri

1)      Jelaskan pengertian HAM?

2)      Sebutkan macam-macam HAM menurut Piagam PBB?

3)      Jelaskan sejarah singkat perkembangan HAM di dunia?

4)      Apa yang anada ketahui tenang magna charta?

5)      Berikan contoh mengenai pelanggarang HAM yang pernah terjadi di Indonesia?

 

 

JAWABAN

 

  1. Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada manusia  sejak dalam kandungan sebagai makhluk Tuhan yang  Maha Esa, yang dimana hak tersebut wajib untuk dihormati, dijunjung inggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintahan, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

 

  1. a. Hak untuk hidup

b. hak untuk kemerdekaan hidup

c. hak untuk mendapakan perlindungan hukum

d. hak berpikir dan mengeluarkan pendapat

e. hak mendapatkan pendidikan dan pengajaran

f. hak menganut aliran kepercayaan atau agama

g. hak untuk memperoleh pekerjaan

h. hak memiliki sesuatu

i. hak untuk memperoleh nama baik

 

  1. sejarah hak asasi manusia bermula dari dunia barat (Eropa). Pada abad ke-17 seorang filsuf Inggris, John Locke  merumuskan adanya hak alamiah (natural rights) yang melekat pada setiap diri manusia, yaitu hak atas hidup, hak kebebasan, dan hak milik. Pada saat itu hak masih terbatas pada bidang sipil (pribadi) dan politik. Ada tiga pristiwa penting di dunia Barat yang menandai sejarah perkembangan hak asasi manusia, yaitu, magna charta, revolusi Amerika, dan Revolusi Prancis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Magna Charta adalah piagam perjanjian antara Raja John dari Inggris dengan para bangsawan. Isinya adalah raja memberi jaminan beberapa hak kepada para bangsawan bererta keturunannya, seperti hak untuk tidak dipenjarakan tanpa adanya pemeriksaan di pengadilan. Jaminan itu diberikan sebagai balasan atas bantuan biaya pemerintahan yang telah diberikan oleh para bangsawan. Sejak saat itu jaminan hak tersebut berkembang menjadi bagian dari system konstiusional inggris.

 

 

  1. Contoh kasus-kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia yaitu: pristiwa semanggi, Tragedi trisakti, kasus munir.

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                                      

Kepala SMA Negeri 5 Cirebon                                                                                                Jakarta, 10  Mei  2012

                                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

M. Abdul Azis, M.Si                                                                                                         Rini Suparmiati, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTOH PEDOMAN PENSKORAN (Metode Diskusi)

 

LEMBAR PENILAIAN OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK

 

No

Nama Siswa

Aspek yang Dinilai

Skor/ Jumlah

1

2

3

4

5

6

01

02

Mega

Eka

 

 

 

3

3

2

4

3

2

17/30 x100 =

 

Aspek yang dinilai:

1.    Kemampuan menghargai pendapat teman lain.

2.  Kemampuan mempertanggung jawabkan argumentasi.

3.    Kemampuan mengajukan pertanyaan.

4.    Kemampuan menggunakan banyak ide (kreatif)

5.    Bersemangat (pantang menyerah)

       6.     Kerjasama

 

Penskoran:                                                                        

A. Tidak Baik                       Skor 1                                   

B. Kurang Baik                   Skor 2                                   

C. Cukup Baik                     Skor 3                                   

D. Baik                                  Skor 4                                   

E. Sangat Baik                    Skor 5

 

 

Materi Diskusi :

 

 ”

 

Soal Uraian:

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s